Monthly Archives: September 2022

PKM : Pelatihan Kondisi Fisik Untuk Pelatih Cabang Olahraga Beladiri Tarung Derajat Sumatera Barat

PKM tarung drajat

Kepel-FIK, Dosen Muda Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Melaksanakan salah satu komponen Tri dharma perguruan tinggi yaitunya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kegiatan ini di angkat dengan tema “Pelatihan Kondisi Fisik Untuk Pelatih Cabang Olahraga Beladiri Tarung Derajat Sumatera Barat” pada bulan September 2022

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan mengenai bentuk dan metode latihan yang digunakan untuk meningkatkan kondisi fisik Petarung, menambah pengetahuan dalam menyusun sebuah periodesasi program latihan, memberikan pengetahuan dalam melakukan tes dan pengukuran kemampuan fisik Petarung yang sesuai dengan hukum dan prinsip latihan berdasarkan kaidah keilmuan yang berlaku.

Pelatihan ini disajikan materi kondisi fisik yang disampaikan oleh Dr. Alex Aldha Yudi, M.Pd yang merupakan Pegampu mata kuliah Kondisi Fisik di Departemen Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Materi dilanjutkan dengan pengetahuan tentang tes dan pengukuran kemampuan fisik Petarung Irfan Oktavianus, M.Pd yang juga merupakan Pegampu mata kuliah Tes pengukuran dan Evaluasi Olahraga di Departemen Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang.

Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Desi Purnama Sari, S.Pd., M.Pd sebagai ketua Pelaksana, Yogi Setiawan, S.Pd., M.Pd dan Liza, M.Pd selaku anggota Pada pengabdian Masyarakat ini.

Akhir dari kegiatan ini memberikan peningkatan pengetahuan serta pemahaman para pelatih olahraga beladiri Tarung Derajat terhadap pentingnya kondisi fisik dan penerapan dalam penyusunan program latihan dalam olahraga beladiri Tarung Derajat dan para pelatih mampu melakukan evaluasi terhadap atlet yang telah menjalankan program latihan yang diberikan.

Tim DBON Sentra UNP sosialisasikan Penerimaan Atlet DBON sentra UNP ke IGORNAS

dokumentasi dbonPadang, Tim DBON Sentra UNP sosialisasikan Penerimaan Atlet DBON sentra UNP ke IGORNAS Malam ini, 21/09/22 secara virtual zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh tim taskforce DBON sentra UNP , Asdep pengelolaan olahraga pendidikan Drs, Ary Moelyadi, M.Pd dan Ratusan ketua dan anggota dari Ikatan Guru Olahraga Nasional.

Kegiatan sosialisasi ini di buka oleh pimpinan UNP dalam hal ini di wakili oleh Wakil Dekan III FIK-UNP yang dalam Hal ini juga Tim Taskforce, Dr.Nurul Ihsan, M.Pd.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan “UNP dalam waktu yang reltif singkat di amanahkan untuk menyelenggarakan sentra latihan olahragawan muda potensial DBON ayang akan dipersiapkan untuk oliympiade 2032,UNP salah satu dari 5 sentra pembinaan yang di percayakan oleh mempora”.

“UNP juga di minta oleh kemenpora untuk melakukan seleksi atlit-atlit, dimana atlit ini nantinya akan dibina dan dibimbing sebagaimana layaknya untuk menjadi duta-duta yang akan mengharumkan bangsa Indonesia di kancah international melalui olahraga” Uangkap Dr.Nurul Ihsan, M.Pd.

“Dengan kegiatan sosialisasi DBON malam mini berharap teman-teman dari IGORNAS dapat mendaftarkan anak didiknya yang memenuhi persyaratan untuk menjadi atlit yang akan di bina di sentra DBON UNP.” Tambah Dr.Nurul Ihsan, M.Pd.

Sosialisasi DBON sentra UNP ini disampaikan langsung oleh Dr. Alex Aldha yudhi dari TIM taskforce DBON sentra UNP,beliau menyampaikan booklet yang berisi tentang DBON, tujuan, persyaratan Atlet Hak dan kewajiban yang akan di peroleh atlit dan juga menyampaikan pemaparan tatacara mendaftra di website https://cetakjuara.id

Turut hadir juga dalam Kegiatan ini Asisten Deputi pengelolaan olahraga pendidikan Drs, Ary Moelyadi, M.Pd

 

Pendidikan dan Biaya Hidup Gratis, Seleksi Atlet DBON Sentra UNP dibuka

LEAFLET DBONSPendaftaran dan seleksi peserta atlet DBON (Desain Besar Olahraga Nasional) sudah dimulai. Sementara pembinaan atlet akan dimulai pada 3 Oktober 2022 mendatang.

Sasaran program Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yaitu siswa lulusan sekolah dasar (SD) atau yang masuk sekolah menengah pertama (SMP) di seluruh Indonesia

Atlet yang lolos seleksi, akan menjadi anak negara alias ditanggung negara. Mereka tetap mendapatkan pendidikan atau melanjutkan sekolah formal.

Universitas Negeri Padang (UNP), sebagai salah satu sentra pembinaan bekerjasama dengan Kemendikbudristek dan termasuk sekolah pembangunan UNP yang nantinya sebagai tempat atlet belajar sebagaimana siswa pada umumnya. Kendati demikian, program pendidikan mereka khusus dan berbeda dari program pendidikan para siswa yang regular.

ada lima cabor yang masuk dalam program pembinaan DBON Sentra UNP, Angkat Besi, Atletik, Renang, Tekwondo dan Panahan

untuk pendaftaran melalui laman : https://cetakjuara.id/

 

Mengembangkan Potensi Olahraga Tubing Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Di Kengarian Silokek Kabupaten Sijunjung

kegiatan  pemberdayaan masyarakat Kenagarian Silokek yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan Olahraga Tubing

kegiatan pemberdayaan masyarakat Kenagarian Silokek yang dilakukan melalui kegiatan pelatihan Olahraga Tubing

Nagari Muaro Silokek merupakan salah satu daerah wisata potensial yang berada di Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat. Sebuah kawasan wisata alam yang terdapat di sepanjang kenagarian Muaro, Silokek dan Durian Gadang. Untuk menuju Nagari Muaro Silokek yang berjarak lebih kurang 15 km dari ibukota kabupaten Sijunjung, yaitu Muaro Sijunjung, terlebih dahulu harus menyusuri pinggiran Batang Kuantan (sebuah sungai yang deras) dengan pemandangan yang menakjubkan sepanjang jalan. Potensi wisata ini harus maksimlakan karena di sepanjang kawasan ini wisatawan dapat menikmati keindahan alam seperti : suasana pasir putih yang memukau, wisata gua (Ngalau), Ngalau Basurek, Ngalau Talago, Ngalau Cigak, Air Terjun Palukahan, Sungai batang kuantan yang deras dan bisa dilakukan olahraga pariwisata Tubing dan peninggalan sejarah yaitu, Lokomotif Uap peninggalan jepang. Potensi wisata pada kawasan silokek berupa obyek wisata alam dengan keberagaman serta peninggalan sejarah dan keindahan panorama alam. Salah satu potensi wisata yang dapat dikembangkan di Nagari Muaro Silokek adalah arung Jeram dan Tubing.

Potensi pariwisata yang dimiliki Nagari Muaro Silokek Kabupaten Sijunjung jika dikembangkan dengan baik akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Sijunjung terus berupaya untuk