Monthly Archives: August 2022

Pelatihan Dan Penyuluhan Hidup Aktif Dan Sehat Pasca Pandemi Covid-19

Fptp bersama

Agam-Covid-19 telah mengubah banyak dalam kehidupan bermasyarakat. Mulai dari dampak positif sampai dengan dampak yang negatif. Dari segi positif, masyarakat akan lebih banyak mengikuti perkembangan zaman, seperti kemampuan dalam menggunakan teknologi menjadi lebih baik (melek teknologi). Sedangkan dari segi negatif, kurangnya interaksi langsung antar manusia. Sisi negatif lain adalah kurangnya minat gerak masyarakat karena sudah terpapar kemajuan teknlogi. Seiring dengan berubahnya status Covid-19 dari pandemi menjadi Endemic memaksa masyarakat juga harus mengikuti dan mengubah berbagai kegiatan sehari-harinya.

Berdasarkan pada permasalahan kurangnya minat bergerak tersebutlah menginisiasi untuk melakukan kegiatan pelatihan dan juga kegiatan penyulusan untuk beraktifitas aktif dan sehat dimasa pasca pendemi covid-19. Tim Pengabdian dari Univeritas Negeri Padang yeng terdiri dari Drs. Aryadie Adnan (Ketua), M.Si, Drs. Afrizal S, M.Pd (Anggota), Prof. Dr. Eddy Marheni, M.Pd (Anggota) membuat sebuah inovasi dengan memberikan pelatihan untuk para Siswa SMA N 1 IV Koto di Kabupaten Agam dengan judul “Pelatihan Dan Penyuluhan Hidup Aktif Dan Sehat Di Masa Pasca Pandemi Covid-19”.

Menpora Amali Tinjau Venue dan Fasilitas Olahraga POMNAS di UNP, dan Berharap Jadi Penunjang Suksesnya DBON

Menpora RI  Zainudin Amali meninjau secara langsung venue dan fasilitas olahraga  di UNP

Menpora RI Zainudin Amali meninjau secara langsung venue dan fasilitas olahraga di UNP

Padang- Menpora RI Zainudin Amali meninjau secara langsung venue dan fasilitas olahraga yang dimiliki UNP, Kamis (25/8) siang. Venue dan fasilitas olahraga tersebut nantinya juga akan digunakan dalam acara Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII yang akan digelar 17-26 November 2022.

Peninjauan ini dilakukan usai melaunching secara resmi Logo, Maskot dan Sistem IT POMNas) XVII, Menpora Amali yang didampingi Rektor UNP, Prof. Ganefri. Ph. D, Anggota DPR RI Dapil Sumbar John Kenedy Azis, Ketua BAPOMI, Drs. Hendra Syarifuddin dan sejumlah civitas akademika UNP lainnya. Adapun sejumlah venue dan fasilitas olahraga yang ditinjau diantaranya asrama mahasiswa putra dan putri, sport science center, kolam renang dan GOR.

Disela-sela tinjauan venue ini, Menpora Amali menyampaikan apresiasi, pujian dan ucapan terimakasih kepada UNP karena telah mempersiapkan venue dan fasilitas olahraga untuk POMNas XVII dengan baik dan lengkap.

“Saya tentu berterimakasih karena UNP luar biasa. UNP di luar bayangan saya, saya tidak

Menpora RI Zainudin Amali Menyambut Baik Keinginan Rektor untuk Menjadikan UNP Salah Satu Sentra Olahraga

Menpora di dampingi Wakil Gubernur Sumbar dan Rektor tekan tombol louncing maskot pomnas POMNAS XVII

Menpora di dampingi Wakil Gubernur Sumbar dan Rektor tekan tombol louncing maskot pomnas POMNAS XVII

Padang- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Prof. Dr. Zainudin Amali,S.E., M.M secara resmi melaunching POMNAS XVII tahun 2022 di Auditorium UNP, Kampus Air Tawar Padang, Kamis (25/8) .

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Ketua PP BAPOMI dan Sekretaris Umum beserta Ketua dan Sekretaris BAPOMI Perwakilan seluruh Provinsi se Indones dan Olahraga, Forkompimda Provinsi Sumatera Barat: Ketua DPRD Provinsi, Kapolda Sumbar, Kepala KAJATI Sumbar dan Komando Resor Militer Wirabraja, Wali Kota Padang, Danlantamal II Teluk Bayur Padang dan Danlanud Sutan Sjahir Padang. Sementara itu juga hadir Tim Technical delegate dari 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam POMNAS XVII Sumatera Barat, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (sekaligus sebagai Plt. Kapuspresnas), Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat UNP, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Universitas UNP, Rektor, WR III Perguruan Tinggi se Sumatera Barat dan LLDIKTI Majelis Pimpinan Universitas UNP Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur, Kepala Lembaga, Kepala Biro, dan Kepala Badan, Prof. Dr. Mohd Salleh Bin Aman, visiting Profesor dari University of Malaya Ketua KONI Sumatera Barat beserta Pimpinan/Ketua Pengprov Cabang Olahraga di daerah ini dan mahasiswa UNP

Dalam sambutan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang kini tengah dijalankan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Menurut Rektor UNP, adanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini akan memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir yang ditunjukan untuk peningkatan prestasi olahraga nasional di kancah dunia.

“Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa Universitas Negeri Padang jika nanti ditunjuk untuk berkontribusi dalam mensukseskan implementasi DBON, Insya Allah siap dengan segala fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki,” ucapnya.

“saat ini UNP memiliki sejumlah fasilitas olahraga yang lengkap dan memadai. Disamping itu, UNP juga memiliki empat gedung asrama yang mampu menampung 1120 mahasiswa.” Ungkapnya

Selain itu, kampus ini juga memiliki sekolah labor mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Bahkan tahun ini akan membuka SMK. Semua sekolah tersebut sudah terakreditasi A dan

Pengembangan Desa Wisata Digitalisasi Potensi Desa Wisata Melalui Sport Tourism

Nugroho S, pkmBertempat di Danau Singkarak Kabupaten Solok, Dosen Ilmu Keolahragaan dan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang dengan ketua Dr. Nugroho Susanto M.Or melakukan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat terhadap penduduk setempat.

Kegiatan yg bertemakan “Pengembangan Desa Wisata Digitalisasi Potensi Desa Wisata Melalui Sport Tourism” ini, berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23-24 Agustus 2022. Program yang