Monthly Archives: September 2023

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Nasional Terindeks

WhatsApp Image 2023-09-29 at 15.20.50  WhatsApp Image 2023-09-29 at 15.20.51

Padang, (29 september 2023), Program Pascasarjana FIK UNP menyelengarakan kegiatan dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Internasional Bereputasi Dan Nasional Terindeks”dengan mengundang pemateri Dr. Niovadri Ayubi, S.Or., M.Kes dari Universitas Negeri Surabaya.

Acara yang dibuka langsung oleh Dekan FIK UNP, Prof. Dr. Nurul Ihsan, S.Pd, M.Pd, acara ini juga di hadiri Wakil Dekan I, Dr. Padli, S.Si., M.Pd serta Koordinator Prodi S2 Pendidikan Olahraga Prof. Dr. Wilda Welis, Sp, M.Kes, Koordinator Prodi S2 Dan S3 Prof. Dr. Alnedral, M. Pd, dan juga di hadiri oleh guru besar serta dewan dosen Pascasarjana FIK UNP.

Edukasi Healthy Tourism Village berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) di Kenagarian Singkarak Kabupaten Solok

WhatsApp Image 2023-09-27 at 08.26.43

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) adalah salah satu Tridharma yang dilakukan oleh Dosen di perguruan tinggi, selain pengajaran dan penelitian. Kegiatan PKM ini wajib dilakukan setiap semester sebagai bentuk tanggung jawab sosial Dosen untuk mempraktikkan mata kuliah yang diajarkan di kampus.

Pada semester Genap 2022/2023 Tim Dosen Prodi Kesehatan dan Rekreasi melakukan kegiatan PKM dengan tema “Edukasi Healthy Tourism Village berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) di Kenagarian Singkarak Kabupaten Solok” yang dilaksanakan pada 18-19 Agustus 2023 yang di ketuai oleh Dr. Nugroho Susanto M.Or.

Selain itu, para masyarakat juga turut dibekali oleh materi tata cara pendampingan sehingga dapat berperan dengan maksimal sebagai fasilitator yang diharapkan dapat menjaga tingkat partisipasi dari warga binaan selama program berlangsung untuk mendukung tercapainya target SDGs yang diharapkan dari program ini. Dalam rangka mewujudkan SDGs, sinergisitas antara perguruan tinggi, pemerintah, industri, dan masyarakat sangat dibutuhkan. “Ini penting dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan.

MoA dan Mou Faculty Sport Science Universiti Kebangsaan Malaysia dengan Faculty of Sport Science Universitas Negeri Padang

Pagi ini, Kamis 21 September 2023 Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP Padang kedatangan Prof. Dr. Mohamad Nizam bin Nazarudin sebagai bentuk perwujudan kerjasama internasional Universiti Kebangsaan Malaysia hadir disambut langsung oleh Dekan FIK UNP Prof Dr. Nurul Ihsan, M. Pd dengan berpakaian olahraga secara bersama melakukan jogging ringan berkeliling track atletik UNP dengan standar Internasional sembari bertukar pendapat terkait kerjasama yang akan dilakukan UKM dengan UNP

WhatsApp Image 2023-09-21 at 12.18.20 (1)

Setelah menyelesaikan olahraga pagi sekira pukul 09.30 pada ruang seminar FIK UNP dilanjutkan pada acara penandatanganan MoA dan MoU hadir secara bersama sekaligus membuka acara Wakil Dekan I Dr. Padli, S. Si., M. Pd. Wakil Dekan II Prof. Dr. M. Sazeli Rifky, S. Si., M. Pd. periode 2023 s/d 2028 Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 FIK UNP berharap kerjasama ini memberikan dampak yang baik dalam hal memajukan pendidikan terutama dalam hal tri dharma pendidikan. Selain itu, dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan. Hadir juga Koordinator prodi S2 Prof. Dr. Wilda Welis, SP., M. Kes. Secara langsung juga hadir Kepala Departemen Kepelatihan Dr. Masrun, M. Kes. Kepala Departemen Pendidikan Olahraga Dr. Aldo Naza Putra, M. Pd. Kepala Departemen Kesehatan Rekreasi Dr. Ridho Bahtra, S. Si., M. Pd dan para dosen FIK UNP. Rombongan UKM yang dipimpin langsung oleh Associate Professor Allied Colonel yaitu Prof. Madya Dr. Mohamad Nizam Bin Nazarudin. Diskusi berlangsung berdasar kerjasama yang dibangun terkait pada program riset kolaborasi, visitting lecturer, student exchange dan pengabdian masyarakat luar negeri. Termasuk pada pelaksanaan international conference UKM dengan UNP. Kerjasama terkait Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat antara Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Kerjasama ini akan memberikan dampak kemajuan bagi FIK UNP dengan moto Unggul Berkualitas. Sesuai dengan arah kebijakan Indonesia Emas 2045.

WhatsApp Image 2023-09-21 at 12.18.20

UPAYA OPTIMALISASI INTENSITAS DISMOINORE PADA REMAJA PUTRI

art3 art33

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP)  mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam upaya optimalisasi intensitas disminore pada remaja putri. Tim Pengabdian adalah dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Ketua Pelaksana Dessi Novita Sari M.Pd anggota dr. Arif fadli Muchlis M.Biomed dan Sonya Nelson S.Si M.Pd.  Kegiatan dilaksanakan di SMPn 2 Painan yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran para remaja putri.

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi remaja putri dalam mengatasi keluhan saat dismenhorea pada masa menstruasi. Metode yang dilakukan berupa ceramah,tanya jawab diskusi dan demonstrasi. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk: Penyuluhan tentang system reproduksi mencakup : definisi remaja, perubahan fisiologis pada remaja, masalah pada remaja, anatomi fisiologi system reproduksi, siklus menstruasi, masalah dan gangguan menstruasi, klasifikasi dismenhorea, factor pencetus dismenhore, upaya penanganan dismenhore, serta pelatihan senam disminore. Dana kegiatan berasal dari direktorat riset dan pengabdian masyarakat kemendikbud melalui lppm UNP. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, sosialisasi, serta pendampingan secara daring dan langsung. Demi berlangsungnya tujuan mulia ini, kami tetap memberikan bekal kepada remaja guna menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan