Daily Archives: September 20, 2023

UPAYA OPTIMALISASI INTENSITAS DISMOINORE PADA REMAJA PUTRI

art3 art33

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP)  mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam upaya optimalisasi intensitas disminore pada remaja putri. Tim Pengabdian adalah dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Ketua Pelaksana Dessi Novita Sari M.Pd anggota dr. Arif fadli Muchlis M.Biomed dan Sonya Nelson S.Si M.Pd.  Kegiatan dilaksanakan di SMPn 2 Painan yang merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran para remaja putri.

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi remaja putri dalam mengatasi keluhan saat dismenhorea pada masa menstruasi. Metode yang dilakukan berupa ceramah,tanya jawab diskusi dan demonstrasi. Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk: Penyuluhan tentang system reproduksi mencakup : definisi remaja, perubahan fisiologis pada remaja, masalah pada remaja, anatomi fisiologi system reproduksi, siklus menstruasi, masalah dan gangguan menstruasi, klasifikasi dismenhorea, factor pencetus dismenhore, upaya penanganan dismenhore, serta pelatihan senam disminore. Dana kegiatan berasal dari direktorat riset dan pengabdian masyarakat kemendikbud melalui lppm UNP. Metode yang digunakan adalah penyuluhan, sosialisasi, serta pendampingan secara daring dan langsung. Demi berlangsungnya tujuan mulia ini, kami tetap memberikan bekal kepada remaja guna menjaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan

PEMBERDAYAAN KESEHATAN LANSIA

art22  art2

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan kegiatan Pemberdayaan kesehatan lansia melalui program senam lansia produktif dan pelatihan industry kreatif berbasis kearifan local di Kenagarian Sariak Kecamatan Sungai Pua kabupaten Agam. Tim Pengabdian adalah dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Ketua Pelaksana Sonya Nelson M.Pd, anggota pengabdian dr Arif Fadli Muchlis M.Biomed dan Dessi Novita Sari S.Si, M.Pd. Adapun kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan sasaran para lansia. Kegiatan dilakukan pada bulan Juli-Desember 2023 dengan menjalankan program Germas dan terapi okupasi melalui pendekatan pelatihan indstri kreatif dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang salah satunya kain perca yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan lansia secara umum, pengetahuan dan keterampilan dengan kerajinan tangan serta dapat membantu lansia dalam mengisi waktu luang sekaligus pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan lansia Dana kegiatan berasal dari Universitas Negeri Padang melalui LPPM UNP. Metode yang digunakan adalah pelatihan, workshop dan lokarya serta pendampingan.

PKM Meningkatkan Kompetensi Pelatih Karate Berbasis Sport Science

1

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk kegiatan PKM Meningkatkan Kompetensi Pelatih Karate Berbasis Sport Science Dalam Menghadapi Tuntutan Aktivitas Pertandingan Pada Pelatih FORKI Kabupaten Padang Pariaman. Tim Pengabdian adalah dosen dan mahasiswa Departemen Kesehatan dan RekreasiFakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Ketua Pelaksana Septri S.Si M.Pd dengan anggotanya Hadi Pery Fajri S.Si M.Pd dan Anggun Permata Sari S.Si M.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan mulai bulan Juli- Desember 2023. Metode pelaksanaan melalui Training of Trainer (TOT) dengan cara memberikan materi melalui ceramah, kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat terjalinnya kerja sama antar instansi atau lembaga (Fakultas Ilmu Keolahragaan, Dispora, dan FORKI Kabupten Padang pariaman, kemudian meningkatnya kompetensi pelatih tentang dasar ilmu kepelatihan dan perencanaan program latihan, serta Meningkatkan prestasi atlet karate Kabupaten Padang pariaman dalam mengahadapi tuntutan aktivitas pertandingan. Metode yang digunakan adalah pelatihan, sosialisasi serta pendampingan secara daring dan langsung. Demi berlangsungnya tujuan mulia ini, kami tetap memberikan bekal kepada para atlet dan pelatih guna meningkatkan prestasi atlet baik secara nasional maupun Internasional.