Daily Archives: October 6, 2023

Penyuluhan dan Pelatihan Therapy Massage dan Exersice Sebagai Upaya Pencegahan dan Penanganan Low Back Pain di Kenagarian Lasi Kecamatan Candung

trp

Ibu-ibu yang tergabung dalam kader posyandu yang berada di Kenagarian Lasi Kecamatan Candung mendapatkan penyuluhan pencegahan dan pelatihan penanganan low back pain dengan therapy massage dan exersice dari Tim PKM Departemen Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Padang (UNP).

Menurut Ketua Tim PKM, Liza, S.Si, M.Pd, PKM bersama aggota pengabdian, Alimuddin, S.Or, M.Or kegiatan PKM ini merupakan sebuah cara yang dapat diberikan kepada ibu-ibu dalam upaya pencegahan dan penanganan low back pain.

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini masuk dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNP dan dilaksanakan pada sabtu- minggu tanggal 21- 22 september 2023.

DOSEN KEPELATIHAN OLAHRAGA MENGADAKAN PELATIHAN SPORT MASSAGE BERBASIS ANDROID UNTUK MENGATASI DELAYED ONSET MUSCLE SORENESS (DOMS) BAGI PELATIH OLAHRAGA BELADIRI TARUNG DERAJAT

kemp

Kepel FIK, Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertemakan “Pelatihan Massage Berbasis Android untuk mengatasi Delayed Onset Muscle Sorenes Bagi Pelatih Olahrga Beladiri tarung Derajat” . Tujuan dari kegiatan ini adalah yaitu untuk pelatihan Sport Massage berbasis Android untuk mengatasi Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS) kepada para Pelatih Utama olahraga beladiri Tarung Derajat se-Sumatera Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (9-10/9) langsung dilaksanakan pembukaan pukul 09.00 Wib s/d sore harinya, peserta cukup antusias mengikuti kegiatan ini dengan jumlah kurang lebih 16 orang pelatih Tarung Derajat dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat. Kegiatan ini didukung oleh Lembaga Peneltian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Padang Dengan Pengprov KODRAT Sumatera Barat.

Pelatihan Model aktivitas bermain siswa sekolah dasar bagi Guru PJOK di Padang Panjang

pjok

Dosen FIK Universitas Negeri Padang yang di fasilitasi oleh LP2M UNP bekerja sama dengan KKG (kelompok Kerja Guru) Padang Panjang dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang di ketuai Oleh Dr. Willadi Rasyid, M.Pd (Dosen Pendidikan Olahraga UNP) dan anggota Drs. Hendri Irawadi, M.Pd (Dosen Pendidikan Kepelatihan Olahraga UNP) dalam kegiatan yang berjudul “Pelatihan Model aktivitas bermain siswa sekolah dasar bagi Guru PJOK di Padang Panjang” Kegiatan PKM ini dilaksanakan Pada Bulan September 2023 berlokasi di SD Teladan Kota Padang Panjang dan dihadiri sebanyak 40 orang guru PJOK Sekolah Dasar yang tergabung dalam KKG. Kegiatan ini didasari dari dari diskusi pengabdian Bersama ketua KKG Padang Panjang beberapa bulan sebelumnya terakait Kurangnya keterbaharuan Model Aktivitas Bermain untuk pembelajaran PJOK yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekolah dasar.