Tim Dosen Program Kesehatan dan Rekreasi FIK UNP melakukan kegiatan pengabdian kepada MGMP Guru PJOK SMP di Kota Padang dengan tema Edukasi Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS

Tim Dosen Program Kesehatan dan Rekreasi FIK UNP melakukan kegiatan pengabdian kepada MGMP Guru PJOK SMP di Kota Padang dengan tema Edukasi Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Pada Masa Era New Normal pada tanggal 16 September 2021. Ketua pelaksana pengabdia Drs Hanif Badri M.Pd mengharapkan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman mengenai penyusunan soal HOTS. Narasumber dari pengabdian ini adalah bapak Taufik M.Pd beliau dari MGMP Kimia Kota Padang sengaja didatangkan untuk bias mengatasi problematika pembuatan soal hots untuk guru PJOK.

Soal HOTS merupakan  instrumen pengukuran yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, yaitu kemampuan berpikir yang tidak sekedar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate) atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Pengetahuan mengenai soal HOTS penting diketahui oleh guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013, karena salah satu penyempurnaan pada kurikulum 2013 yaitu mengenai standar penilaian yang memberikan ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi.  Guru-guru diharapkan mampu menyusun soal-soal HOTS agar siswa tidak hanya menjaswab pada level C-1 (mengetahui), C-2 (memahami), dan C-3 (menerapkan) tetapi juga pada level C-4 (sintesis/analisis), C-5 (evaluasi), dan C-6 (berkreasi).

Narasumber ;  Taufik M.Pd beliau dari MGMP Kimia Kota Padang menyampaikan Materi bias mengatasi problematika pembuatan soal hots untuk guru PJOK

Narasumber ; Taufik M.Pd beliau dari MGMP Kimia Kota Padang menyampaikan Materi bias mengatasi problematika pembuatan soal hots untuk guru PJOK

Kegiatan di mulai dengan melakukan pretest terhadap pengetahuan guru-guru mengenai soal HOTS. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai pengertian dan konsep HOTS, peran HOTS dalam penilaian pembelajaran, langkah-langah penyusunan soal HOTS, dan evaluasi soal HOTS. Setelah mendapatkan teori mengenai soal HOTS, guru-guru MAN 1 Oku Timur langsung praktek membuat soal level kognitif C-4, C-5, C-6. Guru-guru terlihat antusias berdiskusi dengan teman sejawatnya dan juga dengan dosen-dosen program studi pendidikan kimia.

Foto Bersama MGMP Guru PJOK SMP di Kota Padang usai penyampaian materi dari Narsum

Foto Bersama MGMP Guru PJOK SMP di Kota Padang usai penyampaian materi dari Narsum

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan dapat menambah wawasan guru mengenai soal HOTS dan dapat diaplikasikan pada proses penilaian kepada peserta didik, sehingga peserta didik terdorong untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran. Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan jadi tindak lanjut bagi guru PJOK untuk membimbing guru dan siswa secara intensif untuk meningkatkan kompetensi pedagogik & profesi guru, dan juga agar siswa dapat masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>