Monthly Archives: October 2017

Civitas Akademika FIK-UNP Turut Berduka

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun.

Civitas Akademika Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Mantan Wakil Dekan III Periode 1988-1993 FIK-UNP, Drs Zulfar Djezet.  Meninggal Kamis, 5 Oktober 2017 Pukul 16.00 WIB. Di semayamkan Rumah duka Komplek PGRI Gunung Pangilun Jln Matematika no 6. InshaAllah akan dikebumikan di pemakaman umum tunggul hitam padang.

Semoga Amal Ibadahnya diterima Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

TIGA DOSEN JURUSAN KEPELATIHAN FIK – UNP MENGADAKAN COACHING CLINIK TEKNIK DAN KONDISI FISIK SEPAK BOLA BAGI PELATIH SSB DI KOTA PAYAKUMBUH

Padang, oktober 2017, Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu kegiatan setiapUntitled dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat, ke Tiga Dosen yang di Ketuai Drs. Afrizal.S., MPd,dengan anggota Drs. John Arwandi, MPd, dan Drs. M. Ridwan, MPd.

            Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat bertemakan “Coaching Clinik Teknik dan Kondisi Fisik Sepakbola Bagi Pelatih Sekolah Sepakbola (SSB)”, yang dikuti sebanyak 25 orang pelatih SSB se Kota Payakumbu, yang dikelola sebuah Organisasi Ikatan Sekolah Sepakbola (ISSB).

ISSB merupakan suatu organisasi yang membina dan mengadakan kompetisi diligkungannya sejak tahun 2002, yang dimulai dari U-12 berbentuk Festival, U-14, dan U-16 berbentuk kompetisi dengan sistem kometisi penuh dengan tujuan pembinaan usia dini.

Coaching Clinicsepakbola ini merupakan suatu proses pelatihan dan pendidikan yang tidak dapat dilihat secara langsung. Namun semua itu membutuhkan proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pelatih yang mempunyai kontibsi yang optimal dalam pembinaan prestasi khususnya cabang olahraga sepakbola tepatnya di Sekolah Sepakbola.

Coaching Clinic ini dapat dikatakan berhasil jika setelah kegiatan ini dilakukan, para perserta terjun langsung ke lapangan yakni untuk melatih anak-anak Sekolah Sepakbola dan menerapkan proses latihan kondisi fisik dengan model-model latihan terstruktur.

Materi Coaching Clinik yang dilaksana-kan selama 2 hari berupa teori dan praktek yang disampaikan oleh pemateri Apriyanti Rahmalia, SPd, MPd, dengan topik “Kondisi Fisik sepakbola”, Faridatul Ala, SPd, MPd. dengan materi “Model Latihan Sepakbola”, dan M. Qadavi “Gabungan Kondisi Fisik, Teknik Dan Model Latihan”, ini semua merupakan praktek yang dilakukandi lapangan Sari Wulan Kota Payakumbuh Barat.

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dari tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2017 yang dibuka lansung oleh Bapak Drs. Syamsir, Msi, Ph.D., yang juga mewakili LP2M sebagai penanggung jawab Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pembukaan belangsung di Kantor KAN Prambahan Lampasi Tigo Nagari (LITINA) untuk teori dan praktek dilaksanakan di Lapangan Sari Bulan Payakumbuh Barat turut dihadiri oleh Sekretaris Askot PSSI Payakumbuh dan para Pengurus Ikatan Sekolah Sepakbola (ISSB).

Untitled3

Dari kegiatan coaching clinik ini sangat bermanfaat sekali untuk para pelatih SSB yang berada di Kota Payakumbuh, hal ini terlihat bahwa para peserta sangat antusias sekali dalam menerima cara melatih sepakbola yang lebih baik dan bermanfaat bagi siswa SSB serta disiplin ilmu yang terbaru diberikan oleh instruktur. Di sisi lain sekretaris ISSB Epi Wardi berharap kegiatan-kegiatan seperti inilah yang ditunggu, dengan adanya kegiatan ini bisa diadakan 2 kali setahun atau 1 kali setahun.

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh dosen FIK UNP bisa memberikan wawasan yang lebih baik untuk pelatih-pelatih yang ada di wilayah ini.“kami jangan sampai ketinggalan sekali,walaupun di media-media online sangat terbuka mendaptkan ilmu, akan tetapi secara langsung mendapatkan disiplin ilmu khususnya Sepakbola.”. tutupnya.

Untitled1