News

Pelatihan Pembinaan Olahraga Usia Dini dan Pelajar di Kabupaten Lima Puluh Kota: Langkah Maju dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Pelajar

Kabupaten Lima Puluh Kota, 23 Agustus 2024 – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lima Puluh Kota sukses menyelenggarakan pelatihan olahraga bagi pelajar usia dini yang digelar mulai tanggal 21 hingga 23 Agustus 2024. Pelatihan ini dihadiri oleh 30 peserta dari berbagai sekolah dengan utusan guru PJOK dan para pelatih di seluruh kabupaten 50 Kota, bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga di kalangan pelajar sejak usia dini.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP). Narasumber utama yang diutus oleh Dekan FIK UNP, Prof. Dr. Nurul Ihsan, S.Pd., M.Pd., terdiri dari para ahli di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd., Dr. Risky Syahputra, M.Pd., Dr. Roma Irawan, S.Pd., M.Pd., Ikhwanul Arifan, S.Pd., M.Pd., Donal Syafrianto, SSt.FT., M.Fis., dan Dr. Ilham, S.Si., M.Or.

Dalam pelatihan tersebut, para narasumber membagikan pengetahuan dan teknik-teknik pengembangan terbaru dalam bidang talent Identification and Development (TID), metodologi latihan bagi usia dini, dan rehabilitasi fisik dan sport massage, serta materi-materi lainnya yang relevan untuk tujuan pengembangan prestasi olahraga jangka panjang mulai dari sedini mungkin. Mereka juga memberikan panduan praktis tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan fisik serta keterampilan olahraga di kalangan anak-anak, sehingga diharapkan dapat memupuk bakat-bakat muda yang potensial untuk meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi.

Kepala Bidang Olahraga, Fadly Sutrisno, S.M., dalam sambutannya saat penutupan kegiatan, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi para narasumber dari FIK UNP. “Disparpora Kab. 50 Kota sangat terbantu dengan narasumber FIK UNP yang sangat bermutu ini baik teori dan praktik yang disampaikan. Semua peserta sangat antusias, semoga semua peserta dapat mempraktikkan ilmu yang diberikan dari tim narasumber FIK UNP untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten 50 Kota sedini mungkin,” ujarnya mewakili Kepala Dinas, Syukri Anda, SH.MH.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam mendukung perkembangan olahraga di Kabupaten Lima Puluh Kota. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan muncul bibit-bibit atlet yang mampu bersaing di kancah regional, nasional, bahkan internasional, membawa nama baik Sumatera Barat, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *