News

KERJASMAA FIK UNP DAN PSSI LAHIRKAN 25 PELATIH SEPAKBOLA LICENSI D NASIONAL

Bertempat di Lapangan Sepakbola FIK UNP dengan rumput standar FIFA Zoysa Matrela mengusung tema “Dengan Lisensi Kita Berani Janjikan prestasi” Kegiatan Pelatihan Pelatih Lisensi D Diploma PSSI Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Padang dan PSSI tahun 2024. Pelatihan ini merupakan Kerjasama antara FIK UNP dengan PSSI yang sudah berjalan sejak tahun 2020 di Masa Pandemi Covid 19.

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Prof. Dr. Nurul Ihsan, M. Pd didampingi wakil dekan 1 bidang kemahasiwaan Dr. Padli, S. Si., M. Pd. FIK memiliki komitmen kuat untuk pengembangan dan penguatan kompetensi alumni mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan yang berhak atas Licensi Pelatih sebagai kekuatan untuk berkiprah pada level kompetisi profesional. Kerjasama juga yang diinginkan tidak hanya tertulis dalam sebuah kertas tapi wujud pelaksanaan yang terus kita laksanakan. Setelah tertunda oleh pandemi covid 19.

Sebagai ketua pelaksana dosen sekaligus pelatih wanita FIK UNP Haripah Lawanis, M.Pd menyampaikan bahwa sebanyak 25 orang mahasiswa FIK UNP mengikuti kegiatan ini, terdiri dari ketiga jurusan yang ada di FIK UNP. Mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini adalah mahasiswa yang sudah berada pada semester 6 atau lebih serta lulus dalam beberapa mata kuliah pendukung yang disyaratkan.
Tujuan utama diselenggarakannya pelatihan yang dilaksanakan tanggal 5-7 Agustus 2024 ini adalah untuk memenuhi standar lulusan mahasiswa FIK UNP, diantaranya adalah menguasai salah satu cabang olahraga yang ada di Masyarakat baik itu sebagai atlet, wasit maupun pelatih.

Selain itu FIK UNP juga terus berkomitmen memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri di cabang olahraganya masing-masing.

Kegiatan ini merupakan pintu pembuka bagi FIK UNP menuju Akademi Sepakbola UNP dan akan terus menyelenggarakan kerjasama ini dengan baik. Harapannya kedepan bukan hanya D Diploma yang di selenggarakan tapi juga sampai ke Tingkat Lisensi C PSSI dan cabang olahraga lainnya setelah sebelumnya juga pelatih renang tingkat Internasional.

Akhirnya ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Dekan FIK UNP kepada PSSI atas kepercayaan yang diberikan kepada FIK UNP sebagai penyelenggaraan kegiatan.
Selain itu, Drs. John Arwandi, M. Pd selaku dosen Departemen Kepelatihan dan instruktur dalam kegiatan ini mengatakan “Sebagai seorang pelatih yang berlisensi sepatutnya menjaga sikap, prilaku dan etika dimanapun berada. Teruslah kembangkan diri, upgrade ilmu sehingga tidak tertinggal dari perkembangan zaman.

Kegiatan Lisensi D Diploma PSSI FIK UNP ditutup dengan digelarnya Festival Sekolah Sepakbola. Festival ini di ikuti oleh beberapa SSB yang ada di kota Padang seperti Muspan FC dan Lab School SMP UNP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *