Student activities

Faculty of Sports Sciences Holds 2020 National FIK Musabaqoh Tilawatil Qur'an Competition

Padang-Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang kembali melaksanakan kegiatan Nasional dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Padang (UNP) yang ke-66 dan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an FIK Nasional 2020. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Keolahragaan se-Indonesia dengan tema kegiatan “Membangun Pemuda Emas Melalui Keolahragaan dengan Inovasi, Kreasi dan Prestasi’’.

Unit Kegiatan Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP sebagai panitia pelaksana dalam kegiatan ini mereka mengangkat beberapa cabang kegiatan diantaranya: Lomba Tilawah, lomba Tartil dan lomba Syarhil tentunya kegiatan ini didukung penuh oleh dosen pembimbing Unit Kegiatan Kerohanian Islam dan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP.

Kamis, 28 Oktober 2020 telah dilaksanakannya pembukaan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an FIK Nasional 2020, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini adalah kegiatan pertama kali dalam lingkup nasional yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP sekaligus Apresiasi langsung oleh Wakil Rektor 3 UNP Hendra Syariffudin,M.Si,Ph.Dmenyampaikan bahwa kegiatan ini dharapkan dapat dilaksanakan secara rutin oleh FIK dalam rangkaian dies natalis karena diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap prestasi mahasiswa olaharaga dalam bidang keagamaan, walaupun mahasiswa olahraga juga harus bisa berlaga dibidang keagamaan supaya jasmani dan rohani bisa berjalan dengan seiringan.

 Kegiatan ini dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2020 dan penutupan kegiatan ini dilaksanakan pada 30 Oktober 2020. Peserta yang mendaftar pada musabaqoh tilawatil qur’an FIK Nasional ini sebanyak 61 peserta yang berasal dari berbagai Universitas diseluruh Indonesia diantaranya : Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Yogjakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jambi, Universitas Muhammadiyah Bangka Blitung, Universitas Samudra, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Negeri Surabaya.

Dewan juri pada acara MTQ Mahasiswa FIK tingkatNasional ini dari IPQAH SUMBAR (Ikatan Qori’ Qariah & Hafizh Hafizah Sumatera Barat.

Jum’at, 30 Oktober 2020 telah dilaksanakannya penutupan MTQ Mahasiswa FIK tingkat Nasional sekaligus pengumuman pemenang lomba. Tilawah Putra juara 1

, juara 2 Muhammad Iqbal-UNP, juara 3 Ziqri Yahandi-Univ. Muhammadiyah Bangka Belitung. Tilawah Putri juara 1 Annisa Dinda Novitri-UNP, juara 2 Miya Kurniawati-UNY, juara 3 Istiana Putri Diva-UNY. Tartil Putra juara 1 Androy Mustofa-UNP, juara 2 Ahmad Wafi Abdul quddus-UNY, juara 3 Rudiat Saputra-UPI. Tartil Putrijuara 1 FadilaMifta-UNP, juara 2 NadyaMustika-UNP, juara 3 Amisah Yolanda-UNP. Syarhiljuara 1 Team UNP A (Arie, M.Iqbal, danMezi) dan juara 2 Team UNP B (Roza, Dori, danVidi). Para pemenang lomba mendapatkan hadiah uang pembinaan dan e-sertifikat yang didapatkan dalam perlombaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an FIK Nasionaldengan total hadiah sebesar RP. 7.000.000 (Tujuh Juta Rupiah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *