Berita

Dosen UNP Adakan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kemampuan literasi digital di era Revolusi Industri 4.0, Dosen Universitas Negeri Padang menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Guru dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto pada 24 Agustus 2024.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Perpustakaan Umum Muhammad Yamin, Kota Sawahlunto ini diikuti oleh 33 peserta yang terdiri dari perwakilan Guru dan Kepala Sekolah se-Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dosen yang diketuai oleh Dr. Yuni Astuti, S.Pd, M.Pd dari Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Negeri Padang dengan anggota Dr. Dina Amsari, S.Pd, M.Pd, Al Ikhlas, Lc,, M.A serta melibatkan mahasiswa Kenanga Putri Sukmadewi dan Pudja Pratiwi.

Dr. Yuni Astuti, S.Pd, M.Pd menyampaikan kegiatan ini sebagai bagian dari program pengembangan profesionalisme guru yang bertujuan untuk memperkuat kompetensi mereka dalam penulisan ilmiah dan pemanfaatan teknologi digital.

“Guru-guru kita harus mampu menulis artikel ilmiah dengan baik dan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk menjawab tantangan era digital,” ujarnya Yuni Astuti.

Selama kegiatan, para guru mendapatkan materi mengenai dasar-dasar penulisan artikel ilmiah, mulai dari cara merumuskan masalah penelitian hingga metode penulisan oleh Dr. Dina Amsari, S.Pd, M.Pd, teknik penyusunan referensi menggunakan apliakasi oleh Al Ikhlas, Lc,, M.A.

Kemudian materi mengenai pemanfaatan media dan alat digital dalam membantu proses penulisan hingga pencarian referensi oleh Bayu Haryanto, S.T., M.Si, dan proses pencarian jurnal ilmiah dan penerbitan artikel di jurnal ilmiah oleh Dr. Yuni Astuti, S.Pd, M.Pd.

Yuherman, S.Pd, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto menyampaikan kegiatan ini karena dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Talawi, khususnya dalam hal pengembangan kompetensi literasi digital para guru.

“Dengan demikian, mereka diharapkan mampu menjadi motor penggerak perubahan dan inovasi di sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Mislain,S.Pd, Kepala Sekolah SDN 05 Tigo Tanjung Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto mengungkapkan rasa senang dan bahagiannya dengan adanya kegiatan pendampikangan ini.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pendampingan ini. Selain menambah wawasan dan ilmu baru, kami juga diajarkan cara menggunakan teknologi digital yang sangat membantu dalam penulisan artikel ilmiah,” katanya.

Di akhir kegiatan, para peserta diminta untuk membuat draft artikel ilmiah berdasarkan topik yang relevan dengan mata pelajaran yang ajarkan atau masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Draft tersebut nantinya akan direview oleh tim pemateri dan dikembangkan lebih lanjut hingga siap untuk dipublikasikan di jurnal pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *