Berita

Tes Fisik Siswa Olahraga Terkumpul, Program Latihan Makin Terarah

Padang, Sumatera Barat – Tahapan penting dalam persiapan pembuatan program latihan telah dilaksanakan. Pengambilan data tes fisik siswa dari berbagai cabang olahraga telah selesai dilaksanakan di GOR FIK UNP, Padang, pada tanggal 3 Agustus 2024, yang di mulai sejak pukul 7.30. Data yang terkumpul akan menjadi acuan penting dalam menyusun program latihan yang lebih terarah dan efektif bagi para siswa. Para siswa dari berbagai cabang olahraga menunjukkan kesiapan mereka menjalani serangkaian tes yang akan mereka lakukan.

“Kami sangat bersyukur karena proses pengambilan data tes fisik berjalan lancar.  Data ini akan menjadi bahan yang sangat berharga bagi para penanggung jawab akademi untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan masing-masing atlet,” ujar Dr. Fahd Mukhtarsyaf, M.Pd., Ketua Pelaksana Tes Fisik. “Siswa yang hadir berjumlah 5 orang dari total 12 orang siswa, beberapa siswa ada yang sedang mengikuti kejuaraan dan juga berhalangan hadir” lanjutnya. Adapun tes fisik yang dilakukan meliputi beberapa pos pengukuran, yaitu pengukuran tinggi dan berat badan siswa, kekuatan dan daya tahan otot lengan, kekuatan dan daya tahan otot perut, kelentukan pinggang, kekuatan otot kaki dan punggung, power otot kaki, kecepatan lari, kelincahan dan daya tahan.

Kegiatan ini menjadi tanda dimulainya proses pendidikan para siswa pada Akademi Keolahragaan UNP, yang selanjutnya akan memasuki proses belajar dan berlatih bersama penanggng jawab cabang olahraga masing-masing. “Dengan data ini, para penanggung jawab akademi dapat merancang program latihan yang lebih spesifik dan terfokus, sehingga dapat membantu para siswa untuk mencapai puncak performa,” tambah Prof. Dr. Nurul Ihsan, M.Pd., selaku penanggung jawab akademi dan juga dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan UNP.

Pengumpulan data tes fisik ini merupakan langkah strategis dalam upaya mengontrol dan meningkatkan kondisi fisik siswa.  Dengan program latihan yang lebih terarah, diharapkan para siswa dapat memaksimalkan kemampuan fisiknya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pertriwulan, untuk melihat progres dari setiap kemampuan siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *