Mahasiswa UNP Buat Alat SEAGEL UNIK Pengusir Hama Pohon Naga

seagelFikMedia-SEAGEL UNIK (setting alarm gelombang ultrasonik). Inilah inovasi yang berhasil dicetuskan oleh ketiga orang mahasiswa Universitas Negeri Padang baru-baru ini, yaituJanuar Sahri dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (kiri), Rana Zahra dari Fakultas Teknik (tengah), dan Erwin Pohan dari Fakultas Teknik (kanan).

SEAGEL UNIK merupakan alat pengusir hama pohon naga. Buah naga yang diberi nama latin Hylocereus Selenicereusmemiliki manfaat khusus bagi kesehatan tubuh manusia. Buah naga telah dibudayakan di salah satu perkebunan di Nagari Kataping Padang Pariaman. Namun sangat disayangkan perkebunan tersebut akhir-akhir ini kurang produktif. Salah satu petani pemilik perkebunan buah naga tersebut menjelaskan bahwa hasil panen akhir-akhir ini menurun drastis jika dibandingkan beberapa tahun ke belakang. Hal ini terjadi karena serangan hama yang semakin merebak pada pohon-pohon naga.Pohon nagapada perkebunan tersebut terdapat bercak-bercak kuning begitu banyak yang dapat merusak pohon naga dan menurunan produksi buah, buah banyak yang gugur dan busuk.

Menurut keterangan salah satu petani, bercak tersebut di sebabkan oleh hama yang berbentuk ngengat ataupun serangga yang sering kali terlihat pada waktu subuh dan menjelang malam hari.Beberapa langkah telah diupayakan, mulai dari pengusiran secara manual hingga penyemperotan obat pengusir hama pada pohon-pohon naga, namun sampai sekarang hama ini masih terus merebak. Berangkat dari sebuah permasalahan inilah ketiga mahasiswa UNP melaksanakan study pada pohon-pohon naga dan mencetuskan sebuah gagasan baru untuk menciptakan sesuatu yang dapat mengusir hama-hama pohon naga tersebut. Dan alhasil terciptalah sebuah alat yang diberi nama SEAGEL UNIK.

Alat ini terdiri dari beberapa bagian yaitu Speker yang berfungsi untuk memancarkan gelombang ultra sonik, modul, RTC, dan solar sel yang dapat memberikan energi ramah lingkungan. Alat ini di program dengan program waktu layaknya sebuah alarm yang dapat disetting kapan saja alatnya bekerja, pada kasus di atas maka alat ini di atur pada subuh dan menjelang malam hari. Pada saat Alarm apada alat berbunyi pada saat itu pula speker yang sebelumnya telah disebar di beberapa tempat pada perkebunan akan memancarkan gelombang ultrasonik.

“Ketika alat ini diujicobakan di Laboratorium Penguji Balitbu Tropika di kebun percobaan sumanih Kota solok Sumatera Barat membuat kami semakin yakin bahwa ternyata alat tersebut mampu memberikan rasa ketidaknyamanan bagi hama phon naga dan membuat hama tersebut pergi meninggalkan wilayah pohon yang sebelumnya telah dipasang speaker di beberapa sudut kebun buah naga yang memancarkan gelombang ultrasonik. Dan hal ini mendapat tanggapan langsung dari pengelola kebun buah naga Sumanih serta dukungan moral agar alat ini benar-benar dapat digunakan” ungkap Rana Zahra 20/6.(en)

One Response to Mahasiswa UNP Buat Alat SEAGEL UNIK Pengusir Hama Pohon Naga

  1. YULI says:

    wah hebat sekali , itu buat semua jenis hama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>