FIK Utus 6 Mahasiswa Ikuti LKMM Menengah Tingkat Nasional

Selasa, 01 Maret 2020 yang lalu telah dilaksanakannya kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM TM) bagi Wilayah DIKTI II dan Wilayah DIKTI X yang dilakukan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Daring. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 01 hingga 03 September 2020. LKMM TM sesuai dengan jenjang dan sifatnya terdiri dari materi pengembangan wawasan, materi pengembangan sikap dan keterampilan. Kurikulum ini bersifat minimal yang tentu saja masih dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan perguruan tinggi (wilayah penyelenggara) diharapkan tetap pada fokus peningkatan kemampuan mahasiswa dalam ‘’Manajemen Organisasi’’.

6 Utusan FIK mengikuti kegiatan LKMM TM tingkat Nasional

6 Utusan FIK mengikuti kegiatan LKMM TM tingkat Nasional

Dalam pelaksanaannya  mahasiswa yang telah mengikuti ini telah memiliki  wawasan tentang kondisi lingkungan yang ianalisis, sehingga dapat diungkapkan tantangan pengembangan lingkungan dan kebutuhan adanya suatu organisasi untuk mewujudkan tantangan tersebut. Mampu melakukan analisis mitra strategis organisasi dan menetapkan sasaran sasaran organisasi. Mampu menjabarkan visi, misi, dan nilai dari lembaga yang dirancangnya dalam program-program kerja yang mempunyai sasaran yang realistik sesuai dengan kondisi “Here and Now”.  Mampu berdiskusi/bertukar pikiran bekerjasama dalam kelompok dengan sikap ilmiah. Mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan lembaga/organisasi yang dipimpinnya, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun bantuan yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun. Mampu merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh organisasi yang dipimpinnya dan mampu mentransformasi masalah yang dihadapi organisasi menjadi target yang harus dicapai dalam rangka pemecahan masalah itu. Mampu mengimplementasikan keputusan yang telah diambil atau dengan kata lain mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

FIK sebagai salah satu fakultas di UNP yang mengirimkan peserta terbanyak. Terdapat 6 Orang dari 9 orang yang direkomendasikan oleh Wakil Rektor III Drs.Hendra Syarifuddin, M.Si.,Ph.D. Hal ini menunjukkan upaya peningkatan dalam pengembangan diri mahasiswa FIK untuk mewujudkan mahasiswa berkompeten dalam organisasi dan prestasi akademik serta non akademik. Mahasiswa yang telah mengikuti LKMM TM tingkat Nasional adalah :

  1.  Vani Sintia Putri; perwakilan BEM FIK dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  2.  Muhammad Faizul Azri; perwakilan HMJ KESREK dari jurusan Kesehatan dan Rekreasi
  3.  Felia Rahmadhani Saputri perwakilan UKKI dari jurusan Kesehatan dan Rekreasi
  4.  Devon perwakilan Cerebro Bigas dari jurusan Kesehatan dan Rekreasi
  5.  Adea Oktarisa perwakilan Cerebro Bigas dari jurusan Kesehatan dan Rekreasi
  6.  Nuico Sema perwakilan BEM FIK  dari Prodi D3 Keperawatan

Wakil Dekan III FIK UNP Bapak Dr. Nurul Ihsan S.Pd.,M.Pd menyampaikan harapan besar  terhadap mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan LKMM TM ini dapat menjadi pionir dan konseptor dalam setiap kegiatan terutama memajukan kegiatan yang ada terdapat di lingkungan Fakultas Ilmu Keolahragaan serta menjadi agen perubahan paradigma kemahasiswaan kedepannya. Keberadaan mahasiswa ini dalam organisasi mahasiswa memberikan dampak dan nilai positif bagi sekitar dan pendidikan bagi seluruh mahasiswa. Melalui program kerja yang telah disusun menjadikan organisasi kemahasiswaan sebagai proses belajar yang akan dijalani dalam proses suatu kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>